Monday, January 7, 2013

Hubungan Manusia & Kebudayaan

Hubungan antara manusia dan kebudayaan secara sederhana adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan merupakan suatu obyek yang dilaksanakan manusia dari sisi lain. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. 
Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai diaektis, maksudnya saling terikat  satu  sama  lain. Proses  dialektis  ini  tercipta melalui 3 tahap yaitu:

a. Eksternalisasi,   proses   dimana    manusia   mengekspresikan dirinya      dengan membangun dunianya. Melalui eksternalisasi ini masyarakat   menjadi   kenyataan   buatan manusia.

b. Obyektivasi, proses  dimana  masyarakat  menjadi   realisasi obyektif, yaitu suatu  kenyataan  yang  terpisah  dari  manusia dan berhadapan     dengan manusia. Dengan  demikian masyarakat dengan segala pranata     sosialnya akan mempengaruhi  bahkan membentuk perilaku manusia.

c.Internalisasi, proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakatnya   sendiri  agar  dia  dapat  hidup dengan baik,sehingga  manusia  menjadi   kenyataan  yang  dibentuk  oleh masyarakat.

Kesimpulan :
Jadi, kebudayaan yang merupakan hasil ciptaan manusia yang hidup dalam masyarakat ini mempunyai banyak unsur-unsur dalam kehidupan dan selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari jaman ke jaman, dan di tempat-tempat yang berbeda.
Semua itu tentu dipengaruhi oleh perkembangan hidup manusia yang juga selalu berubah-ubah, karena manusia mempunyai hubungan yang erat bahkan tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan. Manusia menciptakan kebudayaan, dan kebudayaan mengatur manusia agar hidup mereka lebih damai  dan tenteram.


Sumber :

No comments:

Post a Comment