Tuesday, July 2, 2013

Wirausahawan Sukses

Djoko Susanto

1.      Kapan kasus memulai usaha nya?
·         1960-an.
Dimana?
·         Di Pasar Arjuna, Jakarta.
Apakah masih dengan usaha yang sama sekarang?
·         Tidak. Awal nya Djoko Susanto hanya mengurus kios sederhana milik orang tua nya. Kemudian dia tertarik untuk mejual rokok, hingga akhir nya dia bergabung dengan Putera Sampoerna dan mendirikan supermarket.

2.      Apakah dia mengembangkan usaha nya sebagai usaha mandiri?
·         Awal nya, ya. Tapi sekarang tidak.

3.      Sumber modal awal nya adalah dana sendiri atau dari luar?
·         Awal nya Djoko Susanto memakai modal sendiri, yaitu kios sederhana  milik orangtua nya. Namun kemudian setelah dia bergabung dengan Putera Sampoerna, mereka menggabungkan modal nya untuk mendirikan supermarket.

4.      Dimana dia pada saat awal memasarkan produk nya?
·         Di Jakarta.

5.      Apakah dengan menjual produk yang sama?
·         Djoko Susanto dan Putera Sampoerna bertemu pada awal 1980 dan bersepakat pada 1985 untuk membuat 15 kios di beberapa lokasi di Jakarta. Upaya itu berhasil dan menginspirasi mereka untuk membuka supermarket yang dinamakan Alfa Toko Gudang Rabat (yang sekarang dikenal sebagai Alfamart).

6.      Siapa pemilik usaha tersebut dari sejak awal hingga sekarang?
·         Pada tahun yang sama, Djoko menjadi direktur penjualan dan distribusi pada perusahaan milik Sampoerna yang sedang bertumbuh dan terus menjadi besar. Kerjasama tersebut berakhir pada 2005, ketika Sampoerna menjual bisnis tembakau, beserta anak perusahaannya (termasuk 70 persen bagian perusahaan Sampoerna yang ada di Alfamart), kepada Philip Morris International dengan nilai lebih dari US$ 5 miliar. Philip Morris yang tidak tertarik bisnis retail, kemudian menjual saham Alfamart pada Djoko dan investor ekuitas swasta, Northstar. Tahun lalu, Djoko membeli Northstar, sehingga membuatnya memiliki 65 persen perusahaan.

7.      Apa bentuk kepemilikan nya?
·         65 persen saham Alfamart.

8.      Berapa tenaga kerja yang dipekerjakan dari awal hingga saat ini?
·         lebih dari 60.000 sumber daya manusia yang tersebar di seluruh Indonesia.

9.      Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua/koordinator dalam kegiatan usaha tersebut?
·         Ada.
Bagaimana cara penunjukan ketua/koordinator tersebut?
·         PT. Alfamart membuka lowongan kerja untuk lulusan S1 (segala jurusan) untuk menempati posisi customer relation management (coordinator).
10.  Pernahkah ada prestasi yang dicapai oleh usaha tersebut?
·         Top Brand Award Superbrands Indonesia Awards, Indonesia’s Most Admire Company, Indonesia’s Service Quality Award, est Brand Award, dan banyak lagi yang lainnya.

11.  Apakah sistem manajemen yang dituju sampai sekarang?
·         Sistem manajemen waralaba. Dari dulu sampai sekarang PT. Alfamart selalu berusaha untuk menawarkan produk yang berkualitas tinggi namun tetap terjangkau.

12.  Menurut anda, apakah usaha tersebut sukses? Gunakan 7 aspek kelayakan usaha!
·         Aspek pasar & pemasaran
Pada aspek ini, yang diutamakan adalah  permintaan   efektif    pada   tingkat    harga    yang menguntungkan. Maksud nya adalah, produk yang disediakan dengan permintaan konsumen berjalan seimbang. Secara tidak langsung PT. Alfamart sudah menyeimbangkan hal tersebut. Mengapa? Karena semua produk yang dijual di Alfamart adalah produk yang memang masyarakat butuhkan sehari-hari.
·         Aspek teknis
Aspek teknis adalah aspek yang berkaitan dengan bagaimana cara berjalan nya usaha tersebut, misal nya dalam pemilihan teknologi. Perusahaan yang baik pasti akan selalu memperhatikan teknologi yang mereka gunakan untuk menjalankan usaha nya. dan PT. Alfamart sendiri selalu menggunakan alat-alat/perlengkapan usaha yang baru. Seperti kasir, ac, alat pembayaran melalui debit dll.
·         Aspek keuangan
Tujuan  umum  pendirian  sebuah  usaha  adalah  untuk  menghasilkan  benefit  dan  profit. Benefit  dan  profit  tersebut  merupakan  imbalan  atas  sejumlah  dana  yang  diinvestasikan dalam sebuah usaha. Dengan demikian, sebuah usaha akan membutuhkan sejumlah uang sebagai modal yang akan digunakan pada tahap pra operasi, tahap pembangunan dan tahap operasional. Alfamart termasuk perusahaan yang mendapatkan benefit dan profit yang besar di pasaran. Hal itu bisa terlihat dari bagaimana perusahaan ini telah banyak sekali mengembangkan toko nya ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.
·         Aspek institusional-organisasi-manajerial
Aspek ini mempelajari badan/ instansi sebagai pelaksana dan bentuk organisasi, serta sistem pengelolaan untuk usaha yang direncanakan.
·         Aspek lingkungan
Dalam menjalankan suatu usaha, sebuah perusahaan harus memperhatikan lingkungan dimana dia mendirikan usaha nya. Banyak pabrik-pabrik dan perusahaan yang tidak memikirkan hal tersebut, sehingga menyebabkan dampak negative bagi lingkungan sekitar nya, seperti polusi dan limbah pabrik, penggeseran lahan kerja, penggusuran rumah, penyempitan jalan dll. PT. Alfamart sendiri selalu memperhatikan dimana mereka membangun toko nya. Walaupun secara tidak langsung, supermarket-supermarket seperti Alfamart ini telah menggeser pedagang kecil dan warung-warung di sekitar nya. Namun Alfamart masih memperbolehkan pedagang-pedagang kecil untuk ikut berjualan di depan toko mereka.
·         Aspek legalitas
Legalitas sebuah usaha yang direncanakan terkait dengan kebijakan pemerintah dan aspek hukum.  Usaha yang direncanakan tidak boleh bertentangan dengan kebijakan dan hukum yang berlaku. Tanpa dukungan legalitas, usaha yang direncanakan dikhawatirkan akan mendapat   hambatan   pada   tahap   implementasi   rencana   dan   keberlanjutan   usahanya terancam berhenti.  Selain itu, legalitas usaha yang direncanakan sangat diperlukan apabila akan berhubungan dengan pihak lain seperti bank, investor, pemerintah, dan pihak-pihak lainnya. Dengan  demikian  aspek  legalitas  dalam  studi  kelayakan  harus  menjadi  bahan pertimbangan. Legalitas PT. Alfamart sudah tidak perlu diragukan lagi. PT. Alfamart sudah bertaraf nasional dan diakui keberadaan dan legalitas nya oleh Negara.
·         Aspek sosial & ekonomi
Aspek social berhubungan dengan bagaimana suatu perusahaan memberikan dampak kepada sikap masyarakat di lingkungan nya. PT. Alfamart sendiri telah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, salah satu nya yaitu masyarakat menjadi manusia yang lebih modern, bersih, serta jujur. Karena apabila kita berbelanja di supermarket pasti akan sulit untuk berbuat curang, seperti mencuri. Sehingga mau tidak mau semua orang harus jujur dalam berbelanja.
Sedangkan dalam aspek ekonomi, PT. Alfamart telah membuka lowongan bagi lebih dari 60.000 sumber daya manusia di seluruh Indonesia, yang secara otomatis membantu perekonomian Negara.

Jadi, bisa disimpulkan berdasarkan 7 aspek kelayakan usaha, PT. Alfamart termasuk sukses dalam menjalankan usaha nya.

13.  Apakah menurut anda, akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasan nya!

·         Tentu akan bertahan lama dan berkembang. Mengapa? Karena Alfamart adalah sebuah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako, keperluan rumah tangga, hingga kebutuhan-kebutuhan kecil lain nya yang sudah pasti akan selalu dibutuhkan oleh konsumen nya. Usaha ini sudah lama berkembang di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment