Djoko Susanto
1.
Kapan kasus
memulai usaha nya?
·
1960-an.
Dimana?
·
Di Pasar Arjuna,
Jakarta.
Apakah masih dengan usaha yang sama sekarang?
·
Tidak. Awal nya
Djoko Susanto hanya mengurus kios sederhana milik orang tua nya. Kemudian dia
tertarik untuk mejual rokok, hingga akhir nya dia bergabung dengan Putera
Sampoerna dan mendirikan supermarket.
2.
Apakah dia
mengembangkan usaha nya sebagai usaha mandiri?
·
Awal nya, ya.
Tapi sekarang tidak.
3.
Sumber modal awal
nya adalah dana sendiri atau dari luar?
·
Awal nya Djoko
Susanto memakai modal sendiri, yaitu kios sederhana milik orangtua nya. Namun kemudian setelah
dia bergabung dengan Putera Sampoerna, mereka menggabungkan modal nya untuk
mendirikan supermarket.
4.
Dimana dia pada
saat awal memasarkan produk nya?
·
Di
Jakarta.
5.
Apakah
dengan menjual produk yang sama?
·
Djoko
Susanto dan Putera Sampoerna bertemu pada awal 1980 dan bersepakat pada 1985
untuk membuat 15 kios di beberapa lokasi di Jakarta. Upaya itu berhasil dan
menginspirasi mereka untuk membuka supermarket yang dinamakan Alfa Toko Gudang
Rabat (yang sekarang dikenal sebagai Alfamart).
6.
Siapa
pemilik usaha tersebut dari sejak awal hingga sekarang?
·
Pada
tahun yang sama, Djoko menjadi direktur penjualan dan distribusi pada perusahaan
milik Sampoerna yang sedang bertumbuh dan terus menjadi besar. Kerjasama
tersebut berakhir pada 2005, ketika Sampoerna menjual bisnis tembakau, beserta
anak perusahaannya (termasuk 70 persen bagian perusahaan Sampoerna yang ada di
Alfamart), kepada Philip Morris International dengan nilai lebih dari US$ 5
miliar. Philip
Morris yang tidak tertarik bisnis retail, kemudian menjual saham Alfamart pada
Djoko dan investor ekuitas swasta, Northstar. Tahun lalu, Djoko membeli
Northstar, sehingga membuatnya memiliki 65 persen perusahaan.
7.
Apa
bentuk kepemilikan nya?
·
65
persen saham Alfamart.
8.
Berapa
tenaga kerja yang dipekerjakan dari awal hingga saat ini?
·
lebih
dari 60.000 sumber daya manusia yang tersebar di seluruh Indonesia.
9.
Apakah
ada orang yang ditunjuk sebagai ketua/koordinator dalam kegiatan usaha
tersebut?
·
Ada.
Bagaimana
cara penunjukan ketua/koordinator tersebut?
·
PT. Alfamart membuka lowongan kerja
untuk lulusan S1 (segala jurusan) untuk menempati posisi customer relation
management (coordinator).
10. Pernahkah
ada prestasi yang dicapai oleh usaha tersebut?
·
Top
Brand Award Superbrands Indonesia Awards, Indonesia’s Most Admire Company,
Indonesia’s Service Quality Award, est Brand Award, dan banyak lagi yang
lainnya.
11. Apakah sistem manajemen yang dituju sampai
sekarang?
·
Sistem manajemen waralaba. Dari dulu
sampai sekarang PT. Alfamart selalu berusaha untuk menawarkan produk yang berkualitas tinggi namun tetap terjangkau.
12. Menurut anda, apakah usaha tersebut sukses? Gunakan 7
aspek kelayakan usaha!
·
Aspek pasar &
pemasaran
Pada aspek ini, yang
diutamakan adalah permintaan
efektif pada tingkat
harga yang menguntungkan. Maksud nya adalah, produk yang
disediakan dengan permintaan konsumen berjalan seimbang. Secara tidak langsung
PT. Alfamart sudah menyeimbangkan hal tersebut. Mengapa? Karena semua produk
yang dijual di Alfamart adalah produk yang memang masyarakat butuhkan
sehari-hari.
·
Aspek teknis
Aspek teknis adalah aspek yang berkaitan dengan bagaimana cara berjalan
nya usaha tersebut, misal nya dalam pemilihan teknologi. Perusahaan yang baik
pasti akan selalu memperhatikan teknologi yang mereka gunakan untuk menjalankan
usaha nya. dan PT. Alfamart sendiri selalu menggunakan alat-alat/perlengkapan
usaha yang baru. Seperti kasir, ac, alat pembayaran melalui debit dll.
·
Aspek keuangan
Tujuan umum
pendirian sebuah usaha adalah untuk
menghasilkan benefit dan profit. Benefit dan
profit tersebut merupakan imbalan atas
sejumlah dana yang diinvestasikan dalam sebuah usaha. Dengan demikian,
sebuah usaha akan membutuhkan sejumlah uang sebagai modal yang akan digunakan
pada tahap pra operasi, tahap pembangunan dan tahap operasional. Alfamart
termasuk perusahaan yang mendapatkan benefit dan profit yang besar di pasaran.
Hal itu bisa terlihat dari bagaimana perusahaan ini telah banyak sekali
mengembangkan toko nya ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.
·
Aspek
institusional-organisasi-manajerial
Aspek ini
mempelajari badan/ instansi sebagai pelaksana dan bentuk organisasi, serta
sistem pengelolaan untuk usaha yang direncanakan.
·
Aspek
lingkungan
Dalam menjalankan
suatu usaha, sebuah perusahaan harus memperhatikan lingkungan dimana dia
mendirikan usaha nya. Banyak pabrik-pabrik dan perusahaan yang tidak memikirkan
hal tersebut, sehingga menyebabkan dampak negative bagi lingkungan sekitar nya,
seperti polusi dan limbah pabrik, penggeseran lahan kerja, penggusuran rumah,
penyempitan jalan dll. PT. Alfamart sendiri selalu memperhatikan dimana mereka
membangun toko nya. Walaupun secara tidak langsung, supermarket-supermarket
seperti Alfamart ini telah menggeser pedagang kecil dan warung-warung di
sekitar nya. Namun Alfamart masih memperbolehkan pedagang-pedagang kecil untuk
ikut berjualan di depan toko mereka.
·
Aspek
legalitas
Legalitas sebuah usaha
yang direncanakan terkait dengan kebijakan pemerintah dan aspek hukum.
Usaha yang direncanakan tidak boleh bertentangan dengan kebijakan dan
hukum yang berlaku. Tanpa dukungan legalitas, usaha yang direncanakan
dikhawatirkan akan mendapat hambatan pada
tahap implementasi rencana dan
keberlanjutan usahanya terancam berhenti. Selain itu,
legalitas usaha yang direncanakan sangat diperlukan apabila akan berhubungan
dengan pihak lain seperti bank, investor, pemerintah, dan pihak-pihak lainnya.
Dengan demikian aspek legalitas dalam studi
kelayakan harus menjadi bahan pertimbangan. Legalitas
PT. Alfamart sudah tidak perlu diragukan lagi. PT. Alfamart sudah bertaraf
nasional dan diakui keberadaan dan legalitas nya oleh Negara.
·
Aspek sosial
& ekonomi
Aspek social berhubungan dengan bagaimana
suatu perusahaan memberikan dampak kepada sikap masyarakat di lingkungan nya.
PT. Alfamart sendiri telah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,
salah satu nya yaitu masyarakat menjadi manusia yang lebih modern, bersih,
serta jujur. Karena apabila kita berbelanja di supermarket pasti akan sulit
untuk berbuat curang, seperti mencuri. Sehingga mau tidak mau semua orang harus
jujur dalam berbelanja.
Sedangkan dalam aspek ekonomi, PT. Alfamart telah
membuka lowongan bagi lebih dari 60.000 sumber daya manusia di seluruh
Indonesia, yang secara otomatis membantu perekonomian Negara.
Jadi, bisa disimpulkan berdasarkan 7 aspek
kelayakan usaha, PT. Alfamart termasuk sukses dalam menjalankan usaha nya.
13. Apakah
menurut anda, akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasan nya!
·
Tentu akan bertahan lama dan
berkembang. Mengapa? Karena Alfamart adalah sebuah toko yang menjual kebutuhan
sehari-hari mulai dari sembako, keperluan rumah tangga, hingga kebutuhan-kebutuhan
kecil lain nya yang sudah pasti akan selalu dibutuhkan oleh konsumen nya. Usaha
ini sudah lama berkembang di seluruh Indonesia.
No comments:
Post a Comment